Rabu, 03 Desember 2008

Tips Menganmankan Komputer

Dewasa ini serangan ke komputer yang menggunakan Windows semakin menjadi-jadi. Terlalu sering saya melihat orang-orang kebingungan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah menjadi korbannya.Faktanya Windows tidak aman. Anda lah yang harus mengamankannya - tapi tentu saja kebanyakan orang tidak tahu caranya. Bahkan di kantor saya pun kami (para profesional IT) dilarang untuk menaruh server Windows di Internet, karena sangat berbahaya. Tidak mudah untuk mengamankannya secara meyakinkan.

Catatan - langkah-langkah di artikel ini masih belum cukup untuk membuat Windows menjadi betul-betul aman. Masih banyak yang perlu Anda lakukan untuk itu. Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk mengamankan Windows secara signifikan, dan tetap mudah untuk dilakukan oleh siapa saja.
Saya telah mengatur agar langkah-langkah yang harus dikerjakan secepat mungkin dicantumkan di atas pada daftar berikut ini. Tiga langkah yang terakhir bisa dilakukan belakangan jika saat ini Anda sedang terpepet waktu. Namun jangan dilewati, karena Anda dapat menyesal di kemudian hari.

cara untuk mengmankan kompeter :

  1. Pasang firewall
  2. Pasang anti-virus
  3. Pasang anti-spyware
  4. Backup data Anda
  5. Pasang update terbaru dari Microsoft



  • Pasang firewall

Firewall, yang utama, adalah software yang memblokir akses ke komputer kita dari Internet. Sehingga menyulitkan hacker/virus yang ingin berbuat jahat kepada kita.
ZoneAlarm sangat populer, namun menemukan link untuk download versi gratisannya mungkin agak sulit. Alternatif lainnya adalah Outpost dan Kerio Personal Firewall
Setelah dipasang, Anda perlu untuk mengkonfigurasikannya. Untunglah biasanya ini tidak sulit untuk dilakukan, karena Anda akan dituntun oleh software tersebut.

  • Pasang anti-virus

Pasnag software anti-virus yang bagus
AVG (http://www.grisoft.com) dan Avast (http://www.avast.com) tersedia secara cuma-cuma. Tapi jika Anda bersedia membayar, saya bisa merekomendasikan NOD32 (http://www.nod32.com). Anti-virus yang satu ini belum pernah gagal dalam ujian yang dilakukan setiap tahun oleh Virus Bulletin selama 6 tahun berturut-turut.

  • Update secara rutin

Anti-virus itu tidak ada gunanya jika Anda tidak meng-update-nya, karena virus-virus baru bermunculan nyaris setiap hari. Karenanya jangan lupa untuk mengkonfigurasikan agar anti-virus di komputer Anda meng-update dirinya sendiri secara otomatsi setiap hari / setiap kali Anda mengakses Internet.

  • Pasang anti-spyware

Spyware adalah software yang menyusup diam-diam ke dalam komputer Anda, dan melakukan berbagai hal tanpa Anda ketahui. Spyware biasanya membuat PC Anda jadi lambat, dan bahkan bisa membuatnya jadi tidak berfungsi sama sekali.
Spybot (http://security.kolla.de) adalah software anti-spyware yang gratis dan bagus.
Awas - beberapa software anti-spyware lainnya sebetulnya justru mengandung spyware (licik sekali)

  • Backup data Anda

Pastikan bahwa data-data Anda yang penting selalu ada kopi-nya di tempat lain - CD, komputer lainnya, USB drive, dll
Komputer PC tidak 100% bisa diandalkan, sehingga jika data-data Anda di dalamnya penting menurut Anda, maka pastikan bahwa Anda akan tetap bisa mengaksesnya walaupun PC Anda sudah rusak sekalipun.
Pasang update terbaru dari Microsoft
Cara termudah adalah dengan membiarkan Windows Update meng-update komputer Anda secara otomatis.

6 komentar:

C.B.M.A.H mengatakan...

bagus2...nambah pengetahuan tentang security di komp

seasons call mengatakan...

kenapa gak panggil polisi ja klu laptop bervirus??? biar ditangkap n dimasukin penjara..jadi gak mewabah kana-mana penyakitnya.hehehehe
bgus artikel lu ki...

pemberontakkecil mengatakan...

tips menganmankan komputer ya
ehhehehee
bagus_bagus
kerja bagus

AnQghie mengatakan...

waw jenius bagt u....
bisa tau masalah kompt...


bgus deh nambah pengetahuan gw...



walaupun gw bacanya sambil mnum kopi sama teh anget....
mpe tumpah..
pusing soalnya pjg bgt...

ayu mengatakan...

materi anda tentang presentasi ini sangat di perlukan banyak orang,,,
termasuk saya,,,

terimakasih

intheri9hts1d3 mengatakan...

amankan komputermu agar tidak kena gangguan tante virus...